Slope Monitoring

Keterbatasan practikal dapat menyebabkan pembentukan dinding tambang untuk membentuk lereng interim dan final dan dinding akhir tambang dengan informasi yang tidak lengkap. Pada waktu yang sama potensi kestabilan pada dinding tambang yang tinggi sulit untuk diprediksi dengan ketertersediaan data hasil investigasi dan analisis, terutama pada tahap design . Hasilnya adalah ketergantungan yang kuat pada sistem manajemen lereng dimana bagian utamanya adalah sistem pemantauan yang komprehensif .


          Longsoran di tambang

Monitoring merupakan alat yang sangat berharga untuk menilai kinerja desain tambang dan potensi resiko longsor yang akan terjadi dan membantu meminimalisir resiko. Hari ini di lingkungan tambang perusahaan memiliki moral dan kewajiban untuk menghilangkan potensi terjadinya kecelakaan dan kewajiban legal untuk mencegah lingkungan kerja dari potensi tersebut.

                    Bahaya terjadinya wall collapse

Kegagalan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan mengelola risiko yang terkait bisa mengakibatkan denda atau penjara atau keduanya. kehadiran instrumentasi pemantauan tidak hanya membantu identifikasi bahaya dan risiko, tetapi mengurangi kecemasan setiap tenaga kerja dengan mengkonfirmasi bahwa kondisi tanah sedang dipantau oleh personil yang berpengalaman dan kompeten. ketika kebutuhan untuk sistem pemantauan dilakukan dengan benar dan direncanakan dengan baik, penghematan biaya mungkin adalah akibat langsungnya. Namun, justifikasi untuk pemantauan tidak hanya untuk pengurangan biaya. Di beberapa kasus, program monitoring lereng dapat sangat bernilai dan membuktikan bahwa design tambang benar dan berkelanjutan. Pada kasus yang lain instrument monitoring lereng mungkin memperlihatkan bahwa design tidak dapat dibentuk dan hasilnya adalah design lereng harus dimodifikasi dan menimbulkan peningkatan biaya tambang. Di semua kasus, keuntungan tidak langsung dari penambahan nilai safety dan pencegahan dari longsor dan penambahan biaya akan membuat biaya program monitoring efektif.

   Management lereng

Tujuan utama dari program monitoring lereng adalah sebagai berikut :


1. Memelihara kondisi operasional yang aman untuk melindungi personil dan peralatan

2. Memberikan pemberitahuan terlebih dahulu dari area yang berpotensi tidak stabil sehingga   rencana tambang dapat dimodifikasi untuk meminimalkan dampak dari ketidakstabilan lereng.

3. Memberikan informasi geoteknik untuk menganalisis mekanisme ketidakstabilan lereng yang berkembang, merancang tindakan rencana perbaikan yang tepat dan melakukan desain lereng selanjutnya.

4. Menilai kinerja dari implementasi desain lereng.




 Contoh penerapan management lereng di Tambang Batubara

     Sistem monitoring lereng harus segera dibentuk sesegera mungkin selama permulaan tahap penambangan dan dipertahankan selama masa operasi tambang terbuka, dalam banyak kasus sistem pemantauan lereng mungkin diperlukan setelah penutupan tambang.
Unsur program harus diarahkan pada tujuan dasar berikut:


1.  Mendeteksi dan merekam setiap gerakan lereng sebagai dasar untuk:

· menjamin keselamatan operasional

· penetapan batas pergerakan (tipe longsoran)

· mengelola ketidakstabilan

2. Penyelidikan longsor dan ketidakstabilan. Pemantauan ketidakstabilan membantu dalam mengidentifikasi mekanisme longsor, menyediakan data penting untuk analisis kembali dan mendefinisikan pekerjaan perbaikan yang tepat

· Mengkonfirmasikan model desain untuk menyediakan dasar untuk menilai dan memodifikasi desain, termasuk unsur-unsur tertentu.

·  Geologi, termasuk tipe distribusi batuan dan alterasi

· Model struktur, dengan mempertimbangkan major dan minor struktur

· Properti batuan

· Tekanan air tanah

· Tingkat in situ stress, khususnya untuk lereng yang tinggi

3. Memastikan bahwa kriteria lereng desain dicapai dengan prosedur operasional yang sesuai.



          
Sistem monitoring dan prosedur dapat dirancang untuk memenuhi tujuan tersebut. instalasi instrumen dapat menyediakan data patokan penting untuk pemantauan berikutnya selama penambangan, untuk memvalidasi asumsi desain dan memodifikasi desain selanjutnya seperti yang diperlukan. Dalam prakteknya, seperti program jangka panjang instrumentasi harus berasosiasi dan berhubungan dengan pertambangan produksi skala besar. Kekuatan dari program pemantauan tergantung pada kemampuan peralatan dan teknik pada pada orang-orang melakukan program. keberhasilan pemantauan juga tergantung pada dukungan dari tingkat yang lebih tinggi dari manajemen tambang.

Sistem monitoring lereng

Di dekat permukaan, stres lingkungan yang rendah (lereng pit) di mana didominasi oleh longsor akibat pengaruh, gerakan besar yang terkait dengan ketidakstabilan batuan hampir selalu didahului oleh yang lebih kecil yang dapat dideteksi oleh instrumen sensitif. dengan demikian, pemantauan gerakan memberikan pengukuran yang langsung dan mendeteksi ketidakstabilan yang akan datang. Namun di tanah yang sangat stres, besar dan rapuh, perpindahan sampai ke titik longsor bisa menjadi kecil dan sulit untuk dideteksi. Delay interval antara kejadian dan deteksi gerakan dan antara deteksi dan longsor, tergantung pada karakteristik tanah dan pada kepekaan instrumen pemantauan. Dalam kebanyakan kasus masa peringatan dari beberapa jam dan minggu dapat dicapai.
Golden rule untuk instalasi program pemantauan gerakan geoteknik adalah bahwa setiap instrumen diinstal pada sebuah proyek harus dipilih dan ditempatkan untuk membantu dalam menjawab pertanyaan tertentu. Mengikuti aturan sederhana ini adalah kunci untuk bidang instrumentasi menjadi sukses.
Pendekatan untuk merencanakan program pemantauan gerakan harus melibatkan langkah-langkah berikut:


1. Definisi kondisi project

2. Prediksi dari semua mekanisme potensial yang dapat mengendalikan ketidakstabilan

3. Penentuan parameter yang akan dipantau dan besarnya potensi

4. Pembentukan sistem pemantauan yang sesuai, termasuk instrumentasi dan lokasi

5. Formulasi prosedur pengukuran, termasuk frekuensi, pengumpulan data, prosessing, interpretasi dan pelaporan

6. Penugasan tugas untuk desain, konstruksi dan operasi dari sistem

7. Perencanaan kalibrasi rutin dan pemeliharaan

8. Pembentukan rencana tanggap pemicu (TARPs) dan akuntabilitas terkait tindakan untuk meminimalkan dampak ketidakstabilan.







                        Visual Inspeksi lereng

Pemantauan metode untuk lereng tambang terbuka dapat dibagi menjadi permukaan dan bawah permukaan, dengan subdivisi lebih lanjut ke sistem kualitatif dan kuantitatif. semua menjadi lebih spesifik ditambang terbuka dan sering berhubungan dengan ukuran potensi longsor.
Sistem kualitatif dapat mencakup inspeksi visual pengamatan manusia yang bersifat subyektif tetapi terbuktikan. Dengan visual inspeksi dapat menjadi gambaran umum untuk mendeteksi terjadinya ketidakstabilan (retakan, rockfall) atau menjadi bagian dari aspek keselamatan di area pertambangan yang sulit (spotting ke rock fall). Pelatihan staf operasional dalam identifikasi bahaya sangat penting dalam deteksi lereng longsor dan manajemen lereng.
Penilaian kualitatif oleh supervisor produksi dari sangat dibutuhkan untuk menilai kondisi kerja (contoh check list) dalam bentuk inspeksi shift sebelum pekerjaaan dilakukan. Pengamatan inspeksi harus didokumentasikan dan diteruskan ke shift berikutnya dengan menggunakan sebuah buku merah atau metode dokumentasi yang serupa.
Sistem kwantitatif biasanya melibatkan alat ukur permukaan perpindahan bawah permukaan. komponen – komponen tercantum di bawah ini tergantung kompleksitas dari instrument tersebut.
Monitoring lereng diarea diarea permukaan;
·    visual yang inspeksi
·    Crackmeter, baik manual atau dengan extensometer wireline
·    survei pemantauan - RTS
·    GPS
·    fotogrametri
·    laser scanning
·    radar, baik darat berbasis satelit dan berbasis (InSaR)
·    tiltmeters dan electrolevels
Monitoring lereng bawah permukaan (instrumen biasanya dipasang di lubang bor) meliputi:
·    inclinometers
·    geser strip dan domain waktu reflectometer (TDR) kabel
·    extensometers
·    termistor
·    mikro seismik
·    Piezometers

   Crack meter 


Slope stability radar dan Robotic Total Station


 Robotic Total Station


 Vibrating Wireline Piezometer


Pemantauan lereng sistem untuk tambang besar terbuka biasanya mencakup kombinasi dari salah satunya. Perusahaan kemudian menyediakan system pemantauan lereng utama yang membentuk dasar untuk manajemen lereng. Untuk sistem apapun, pengukuran percepatan perpindahan umumnya merupakan kunci untuk mengetahui keruntuhan lereng.
Di Indonesia hari ini dengan semakin tingginya komitmen perusahaan dengan keselamatan kerja, kepedulian dan investasi besar telah dilakukan untuk melakukan dan membuat sistem manajemen lereng yang komperhensif dan berkesinambungan. Pengelolan resiko dan sistem manajemen lereng wajib diikuti dengan perubahan paradigma bahwa setiap resiko longsor dapat dikelola dengan baik dengan dukungan personel yang kompeten dan dukungan dari manajemen perusahaan. Keuntungan utama dari adanya sistem monitoring lereng di tambang-tambang Indonesia adalah :


1. Adanya peringatan deteksi longsor dini yang memungkinkan evakuasi peralatan dan orang-orang dari daerah berisiko longsor, sehingga pengurangan risiko cedera dari manusia atau kerusakan peralatan dapat dilakukan.

2. Mengurangi kecemasan setiap operasional tambang dengan mengkonfirmasi bahwa kondisi lereng sedang dipantau oleh personil yang berpengalaman dan kompeten.

3. Dengan adanya system monitoring yang menyediakan informasi akurat memungkinkan geoteknik, mineplan, produksi untuk membuat keputusan dalam meningkatkan produktivitas tambang yang lebih optimal.

4.  Produksi di daerah berisiko geoteknik dapat ditingkatkan karena system monitoring yang menyediakan informasi real time dari percepatan massa batuan dengan akurasi yang tinggi.

5.  Dapat memantau stabilitas lereng ketika terjadi peledakan dan memungkinkan produksi peralatan ke zona ledakan lebih cepat.

6.  Memungkinkan pemantauan terus-menerus dan update pada gerakan massa batuan yang berhubungan dengan kondisi cuaca, sehingga produksi dapat terus dilakukan didasarkan pada real-time analisis dan reaksi informasi terhadap risiko geoteknik.

7. Peningkatan umur tambang, dengan adanya monitoring lereng dalam hubungannya dengan prosedur manajemen risiko. Area pit sebelumnya yang dianggap terlalu berbahaya untuk dilakukan penambangan, dengan adanya informasi yang akurat dan presisi operasional dapat dilakukan dengan aman dan dinding tambang dapat dibuat lebih curam.

8. Peningkatkan pemahaman tentang kinerja massa batuan dan dampak terhadap stabilitas struktur lereng. Beberapa tambang secara signifikan dapat meningkatkan laba atas investasi dengan meningkatkan sudut desain pit. Peningkatan sudut desain dimungkinkan oleh peningkatan pemahaman akan monitoring lereng dan manajemen resiko geoteknik yang baik.




Sumber Pustaka :
1. Guidlines for Open Pit Slope Design - John Read and Peter Stacey
2. Foto-foto : Geotechnical monitoring Adaro dan Wahana

Komentar